Ngopi Cantik #9 Lipstick Swatching 101

by - September 25, 2019

Welcome back to my blogpost again,,,

Ini pertama kalinya aku tuh ikutan acara ngopi cantik bareng sama beautiesquad. Awalnya lumayan bingung, ini tuh ngapain, kok pake bikin grup WA segala, tapi ternyata seru juga.
Jadi ngopi cantik ini tuh, kita ngobrol sama narasumber dengan chatting gitu di WA sama peserta lainnya, dan ternyata ilmu yang dibahas di grup itu menarik banget.

Oh ya sedikit informasi mengenai Beautiesquad, Beautiequad sendiri adalah komunitas beauty blogger Indonesia yang tujuannya menyatukan para blogger khususnya beauty blogger untuk belrkembang dan belajar bersama. BS sendiri didirikan pada November lalu oleh Virly, Nisa dan Liana. Awalnya, dikasih nama Beauties tapi ditambah kan squad dan diganti jadi “Beautiesquad“.
Pas awal terbentuk sih BS nerima siapa aja yang mau gabung, yang enggak punya blog pun bisa masuk, yang cuma bisa di chat aja pun boleh.


Untuk Ngopi Cantik kali ini bertema “Lipstick Swatcing 101 With Lippielust”, aku ikutan karena ngebahas tentang cara kita swatches lipstick ala Lippielust (Rissa).

Yep, sama Rissa. Duhh,,, jadi Rissa ini tuh udah terkenal banget “Bibir”nya, apalagi buat kalian yang suka cari cari rekomendasi swatches warna lipstick, kalau googling pasti yang keluar ya “Bibir”nya Rissa ini. Xixixi.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang ga tau siapa sih Rissa ini, jadi Rissa ini lebih terkenal dengan nama “Lippielust” di kalangan beauty entusiast. Rissa suka bikin swatching lipstick itu sejak masih kerja sebagai freelancer grapic designer, tapi mulai serius di tahun 2014 sampai sekarang, total udah sekitar 5 tahunan Lippielust berjalan. Saat ini Lippielust sendiri adalah sebuah tim, yang terdiri dari kreatif, finance, PR/Manager, Videographer, dan nantinya akan ada foto retoucher juga.
Alasan Rissa untuk jadi lip swatcher adalah, karena kita susah banget cari swatches lipstick di kulit Asia, khususnya Indonesia, rata-rata kebanyakan adanya lipstick swatches itu di kulit bule, yang bikin kita kadang salah beli lipstick karena ekspektasinya beda.

Dari situ deh Rissa jadi seneng ngeswatches lipstick. Perjalanan Rissa sampai detik ini juga ga gampang loh, karena awalnya banyak yang suka bully, sampai akhirnya dapat dukungan dari pacarnya (yang sekarang jadi suaminya). Bagi Rissa lip swatching itu bikin rileks dan tanpa diduga-duga ternyata banyak yang terbantu sama swatchesnya. By the way, kebanyakan follower Rissa ini dari luar negeri loh (US dan Amerika Selatan), karena mereka lebih relate kalua swatches itu eksklusif banget .

Rissa cerita kalau proses foto & editing itu bisa sampe 3 hari bahkan lebih, kalau plus sama blogging, sekitar semingguan. Ehm… lumayan juga ya waktunya.
Jadi contoh yang Rissa kasih begini:
Senin, fotografer produk foto produk dulu. Supaya tube-nya gak kotor. Dan kalau lipstik biasa (lipstik klasik) kan sayang ya kalau swatch duluan baru difoto produknya. Makanya, selalu dahulukan foto produk daripada foto swatches.

Lanjut, Selasa foto lip swatches. Biasanya, kalau gak terlalu banyak, kita buatkan styled arm swatches (yang digambar), dan juga pastinya classic swatches. Ini juga bisa 1-3 brand, tergantung banyaknya warna.
Lanjut, Rabu foto lip swatches 1 produk yang terdiri dari 5 warna. 5 warna masih aman, gak terlalu banyak tapi gak sedikit juga. Jadi di hari rabu itu, mbak Anggi (manajernya Lippielust) masukin jadwal aku untuk foto. Dalam 1 hari itu bisa 1-3 brand yang difoto, tergantung banyaknya warna.
Setelah itu, Kamis, baru bisa bikin blog. Biasanya tim Lippielust kerjakan content ini minimal 1 minggu sebelum tayang. Biasanya Rissa, hari Kamis dan Jumat gak ke kantor, supaya bisa fokus edit foto dan juga bikin blog.
Jujur aku belum sanggup kayak Rissa gini, hehehehe….Prosesnya lumayan puanjang banget,,,,xixixixi

Salah satu hasil karya Rissa

Rissa juga pernah loh suntuk, bosen, atau capek,dan kalau udah begitu ya udah, ga usah swatches dulu, kita mash bisa have fun buat ngurangin beban yang kita rasain, entah itu main game, istirahat, atau ngapain aja, yang penting hilang semua penat yang ada. Why?? Karena ide dan kreatifitas itu datang dari pikiran yang fresh jadi hasilnya juga bisa lebih memuaskan, dan itu benar loh, hehehehe

Yang harus disiapin kalau mau swatches lipstick adalah:
- Kamera (bisa pakai kamera HP), Lighting (pencahayaan yang bagus), photoshop ( Photo Retouching)
- Bibir harus dalam keadaan siap, ga boleh pecah-pecah
- Lipstick / Makeup Remover
Must have tools yang kudu kita punya:
- Keberanian, karena banyakan pada ga pede buat mulai ngeswatches karena takut di bully, tapi jangan nyerah ya, pakai kamera seadanya.
- Kalau bisa selalu pakai tripod dan timer, belajar pose dari awal supaya nanti terbiasa sama posenya.
- Lipstick remover, Sponge untuk reapply foundie yang kemungkinan bakal rusak saat kita hapus lipsticknya.
- Kalau bisa duduk, karena pastinya bisa lama ngerjainnya

Kemungkinan yang paling kompleks itu setelah foto swatchesnya, karena ada proses editing, ini nih yang bikin aku sedikit mabok, karena jujur, aku sama sekali ga punya ilmu ngedit foto. Huhuhuh….kudu belajar dari bawah untuk ngedit foto.
Info dari Rissa, ada beberapa hal yang perlu diperhatiin saat ngedit, diantaranya :
Jangan foto sekali lalu warnanya diubah-ubah setelahnya ngikutin warna shadesnya. Mau sebanyak apapun lipstiknya, harus dijalanin (swatch satu persatu).
Selain itu, it's ok if you want to adjust the brightness of the photo, color correct warna lipstik, dihalusin pori-porinya, itu gak papa. Asal jangan overdo.
"Color correct" itu gak tau kenapa di beauty community kesannya kayak ngebohongin, padahal apa yang kita ingin tangkap di kamera, belum tentu bisa dihasilkan oleh kamera itu sendiri. Mau sebagus apapun lightingnya.

Beberapa waktu lalu Michelle Phan (owner EM Cosmetics), pasang IG Story tentang dia lagi Color Correct swatches liquid lipsticknya. Itu wajar banget dan udah biasa juga untuk dilakukan.
Intinya jangan overdo.
Gile bener kan! ilmunya bermanfaat banget, ga nyesel aku ikutan ngopi cantik yang diadain tim Beautiesquad ini,

Sekian dulu blogspot aku kali ini ya. Next time kita lanjut lagi…

See uuuuuu

You May Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog :)